Senin, 03 April 2017

BAGAIMANA CARA MENCARI ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS

Setiap tahun khususnya di akhir tahun banyak orang yang bepergian untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman atau pun sendiri merayakan liburan akhir tahun, terutama ke gunung yang mengharuskannya untuk membawa kompas sebagai penunjuk arah. Akan tetapi kadangkala lupa membawanya, sehingga membuat bingung untuk menentukan arah jika nantinya tersesat. Lalu bagaimana cara mencari arah apabila lupa membawanya ?

Untuk itu Kami di http://gosign.co.id akan memberikan solusi beberapa cara menentukan arah tanpa menggunakan kompas, diantaranya yaitu dengan menggunakan jarum,/silet di permukaan air untuk membuat kompas sederhana. Jarum/silet tersebut digosokkan ke permukaan benda kering kemudian tusukkanlah jarum/silet tersebut ditusukkan ke styrofoam lalu letakkan di air, maka ujung jarum/silet akan menunjukkan arah utara atau selatan.

Selain itu cara berikutnya adalah dengan melihat makam orang Islam atau Kristen khususnya di Indonesia makamnya selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Atau apabila tidak menemukan makam, maka dengan cara mencari masjid/mushalah, karena masjid/mushalah di Indonesia menghadap arah barat atau arah kiblat orang Islam di Indonesia mengarah ke Ka’bah, yang secara letak geografis ada di sebelah barat.
Kemudian dari pada itu, dapat juga dengan cara melihat posisi matahari karena matahari begerak dari arah timur ke arah barat dengan ini dapat dijadikan patokan untuk mencari arah. Dan/atau dapat menggunakan bayangan benda yang apabila terkena sinar matahari akan menunjukkan arah barat atau timur.

Selain cara-cara sebelumnya, apabila waktu malam hari sulit untuk menentukan arah maka dapat menggunakan rasi bintang orion, yang mana rasi bintang orion ini merupakan perpaduan tiga bintang terang yang berbentuk seperti ekor kalajengking dan menunjuk ke arah barat.
Demikianlah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan arah, dan apabila Anda selaku umat Islam saat bepergian terutama ke gunung, dapat menggunakan cara-cara tersebut di atas dalam menentukan arah kiblat untuk melaksanakan shalat.

Kami yakin solusi yang telah diuraikan tersebut dapat diambil manfaatnya untuk Anda, dan apabila Anda berkenan maka kunjungilah Kami di http://gosign.co.id, karena di sana Anda akan mengetahui arah kiblat yang tepat dan benar, serta harganya pun terjangkau.

1 komentar: